Cara Mengelola Uang agar Berkembang dan Tidak Mudah Habis

Cara Mengelola Uang agar Berkembang

Cara Mengelola Uang agar Berkembang. Berapa pun besarnya gaji, pendapatan atau profit yang Anda terima saat ini tanpa adanya kemampuan mengelola keuangan yang tepat rasanya percuma karena pengeluaran akan selalu lebih besar dibandingkan pemasukan.

Tak heran kalau generasi milenial sulit untuk memiliki tempat tinggal sendiri. Apalagi seperti Anda ketahui harga properti tiap tahun mengalami kenaikan harga dan bunga KPR pun sewaktu-waktu bisa tinggi karena floating (mengikuti suku bunga acuan).

Baca Juga : Gadai BPKB Motor Tahun 2009, Kata Siapa Tidak Bisa di Ajukan?

Wah kalau sudah begini repot juga ya, belum lagi kalau Anda tiba-tiba kehilangan pekerjaan atau mengalami kesulitan di kemudian hari.

Karena roda itu berputar sama seperti kehidupan tidak selamanya Anda berada dalam kondisi prima, Anda pasti sebenarnya sudah tahu.

Lantas bagaimana cara mengelola uang agar berkembang dan tidak mudah habis? Simak selengkapnya!

Definisi Pengelolaan Keuangan

Sebelum Anda paham mengenai bagaimana cara mengelola uang agar berkembang dan tidak mudah habis tidak ada salahnya Anda mengetahui tentang definisi pengelolaan keuangan.

Pengelolaan keuangan merupakan tindakan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian kegiatan keuangan seperti pengadaan dan pemanfaatan usaha (Purba, et al., 2021 : 114).

Pengelolaan keuangan sama saja dengan manajemen keuangan, jadi untuk Anda yang masih bertanya-tanya dalam hati apakah pengelolaan keuangan dengan manajemen sama atau berbeda sudah jelas ya jawabannya SAMA!

Jadi Anda sudah tidak bingung lagi kan?

Masih membahas mengenai definisi pengelolaan keuangan menurut Anwar (2019) manajemen keuangan merupakan disiplin ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan keuangan perusahaan baik dari sisi pencarian sumber dana, pengelokasian dana, maupun pembagian hasil keuntungan perusahaan.

Cara Mengelola Uang agar Berkembang dan Tidak Mudah Habis

  1. Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Gajian hanya numpang lewat setiap bulan? Kemana saja ya kira-kira perginya semua gaji Anda? Seringkali tanpa di sadari Anda melakukan self reward tanpa perhitungan. Alhasil pengeluaran selalu lebih besar dari pendapatan. Itulah mengapa pentingnya MENCATAT pemasukan dan pengeluaran tiap bulan.

Aktivitas tersebut membantu Anda untuk memantau dan menyeleksi keinginan membeli barang yang kurang bermanfaat.

  1. Menabung

Sekarang sepertinya aktivitas menabung sudah menjadi hal langka untuk diterapkan. Benar? Terkadang masih ada orang yang salah kaprah menyisihkan uang tabungan di akhir padahal seharusnya Anda menyisihkan di awal barulah Anda gunakan uang sisanya untuk berbelanja kebutuhan dan lain-lain. Jadi yuk perbaiki cara mengelola keuangan supaya uangmu tidak mudah habis seketika.

  1. Lunasi Hutang

Segera lunasi hutang Anda baik ke teman, saudara, atau Bank. Jika Anda berhutang di Bank sebaiknya bayar tepat waktu jangan sampai melewati jatuh tempo agar tidak timbul denda dan menumpuk.

  1. Investasi

Pilihlah produk investasi sesuai tujuan keuangan yang ingin di capai jangan sekadar ikut-ikutan. Sebab risikonya Anda yang menanggung bukan orang lain.

Sebelum memutuskan berinvestasi lebih baik lakukan riset mendalam, misalnya Anda dalam kurun waktu 1 tahun ingin membeli gadget terbaru, Anda bisa memilih produk deposito Bank B*A. Cari tahu mengenai bunga dan minimal dana yang harus Anda taruh di Bank tersebut ( tiap mempunyai ketentuan berbeda-beda ).

  1. Mencari Pendapatan Tambahan

Terakhir mencari pendapatan tambahan di luar kantor demi menambah cuan, karena sekarang semua serba online dan mudah carilah pekerjaan sampingan yang dapat dilakukan secara remote.

Alasan Seseorang Perlu Pintar Mengelola Keuangan

“Memang harus ya belajar mengelola keuangan? Sepenting itu memang? Toh pas kita meninggal juga tidak di bawa”

Tunggu dulu..

Pemikirian seperti itu sebaiknya Anda buang jauh-jauh karena tanpa di sadari hal tersebut sangat menghambat Anda mendekati tujuan keuangan selama ini entah untuk memiliki tempat tinggal, biaya pendidikan anak, biaya kesehatan dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda perlu pintar mengelola keuangan :

  1. Untuk Memastikan Bahwa Semua Kebutuhan Tercukupi

Kebutuhan akan makanan jauh lebih penting dibandingkan harus mengganti gadget terbaru. Sebab kelangsungan hidup Anda bisa sangat terganggu jika kekurangan gizi dampaknya pun tak main-main selain jatuh sakit bahkan terparahnya bisa mengalami kematian.

Makanan itu kan termasuk kebutuhan dasar manusia namanya juga BUTUH harus di utamakan sedangkan keinginan dapat di tunda. Anda harus tahu nih apa perbedaan keinginan dan kebutuhan.

Tahukah Anda dengan memiliki kemampuan mengelola keuangan secara langsung dapat membantu Anda mencegah belanja berlebihan loh!

Ini baru alasan pertama, mari lanjut ke alasan yang kedua..

  1. Agar Cicilan atau Angsuran yang sedang Berjalan Lunas Tanpa Denda

Anda sedang mempunyai cicilan yang sedang berjalan? Atau ada keinginan untuk mengambil pinjaman dana tunai? Pastikan nominal dan tenor yang Anda ajukan sesuai dengan kemampuan bayar guna mencegah keterlambatan bayar dan menyebabkan denda.

Coba Anda terapkan trik sederhana ini agar terhindar dari denda, siapkan amplop khusus untuk membayar angsuran tulis di amplop tersebut KHUSUS CICILAN sisihkan tiap bulan pendapatan untuk membayar cicilan, lakukan secara konsisten. Dijamin bye denda, hati dan pikiran tenang.

  1. Tidak Perlu Mengkhawatirkan Masa Pensiun

Siapa yang tidak ingin menjalani masa pensiun atau masa tuanya tanpa rasa khawatir secara finansial? Pasti tidak ada kan? Dana pensiun masuk ke dalam kategori keuangan jangka panjang, sebab ketika Anda sudah tidak produktif otomatis tidak ada lagi pendapatan aktif (gaji) yang di transfer ke rekening tiap bulan.

  1. Menyiapkan Dana Darurat Secara Ideal

Pentingnya memiliki dana darurat sebelum Anda memutuskan untuk berinvestasi. Dana darurat sangat dibutuhkan sewaktu-waktu ketika Anda tertimpa musibah.

Untuk Anda yang statusnya masih single siapkan dana darurat sebesar 3 – 6 kali pengeluaran rutin bulanan. Pasangan muda belum memiliki anak siapkan dana sebesar 6 – 9 kali pengeluaran. Terakhir pasangan yang sudah memiliki 1 anak siapkan dana sebesar 9 – 12 kali pengeluaran.

Terdapat banyak hal yang melatarbelakangi mengapa seseorang belum menyiapkan dana darurat seperti, gaji Anda hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan cicilan? Pendapatan Anda di bawah UMR? Atau karena Anda merasa masih sehat dan produktif sehingga belum butuh dana darurat?

Apapun itu jika suatu hari nanti Anda memerlukan dana darurat dalam waktu cepat, Anda bisa menghubungi Customer Service Autogadai yang siap melayani pengajuan Anda 24 jam setiap harinya.

  1. Meningkatkan Standar Hidup

Lebih baik sedikit terlambat mempelajari tentang pengelolaan keuangan daripada tidak sama sekali. Kemampuan mengelola keuangan dapat menghantarkan Anda pada peningkatan standar hidup. Sehingga tidak ada lagi namanya pemborosan untuk mengeluarkan uang untuk hal kurang bermanfaat, uang tabungan Anda pun aman.

Setelah membaca bagaimana cara mengelola uang agar berkembang dan tidak mudah habis serta mengetahui alasan seseorang harus pintar mengelola keuangan. Lalu langkah selanjutnya apa? Langsung Anda terapkan atau cukup di baca saja tanpa action?

Ingat apapun keputusan yang Anda ambil menentukan keuanganmu di masa depan, bila informasi ini bermanfaat yuk bagikan ke orang-orang tersayang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *