Inovasi Digital dan Teknologi dalam Penerapannya di Perusahaan Multifinance

inovasi digital dan teknologi dalam penerapannya di perusahaan multifinance

Inovasi digital dan teknologi dalam penerapannya di perusahaan multifinance memudahkan masyarakat dalam mengajukan pinjaman dana tunai dalam satu genggaman.

Seiring perkembangan teknologi, kita pun dituntut untuk mampu beradaptasi dengan cepat agar tidak ketinggalan jaman karena jika tidak, Anda akan sulit mengikutinya.

Mudahnya pengaksesan informasi, berbelanja online, menonton film online, transaksi pembayaran hingga pengajuan pinjaman dana tunai melalui gadget membuat seseorang merasa nyaman tanpa perlu merasa khawatir kalau tiba-tiba butuh dana terdesak.

Tingginya gelombangnya transformasi digital memiliki dampak besar untuk beberapa perusahaan industri salah satunya yaitu Multifinance.

Perusahaan Multifinance sangat berperan penting dalam membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang  mengandalkan aktivitas leasing untuk memberikan tambahan modal usaha serta pinjaman dana tunai untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau kebutuhan terdesak seseorang.

Pengertian Inovasi Menurut Para Ahli

Stephen Robinson

Gagasan baru yang diterapkan untuk memperbarui atau memprakarsai produk atau jasa (pelayanan).

Everett M. Roggers

Ide, gagasan, objek dan praktik yang dilandasi dan diterima sebagai suatu hal baru oleh seseorang/kelompok tertentu  untuk diaplikasikan/diadopsi.

Kunoyoshi Urabe

Proses menciptakan dan kumulatif meliputi banyak tahapan pengambilan keputusan di dan oleh organisasi dari mulai pada penemuan gagasan hingga penerapannya di pasar.

Ciri-Ciri Inovasi

Terdapat 4 ciri inovasi yang perlu Anda ketahui, antara lain :

  1. Baru. Ide atau gagasan murni dan belum pernah digunakan oleh siapapun, bisa juga diartikan sebagai sesuatu yang sudah dipergunakan sebelumnya oleh orang lain namun ingin diadopsi kembali lantaran cocok dijadikan solusi.
  2. Khas. Walaupun awalnya terbentuk dari pengadopsian, inovasi akan selalu mempunyai ciri khas tersendiri.
  3. Terencana. Inovasi memerlukan persiapan matang, jelas, tidak tergesa-gesa dan sudah direncanakan terlebih dahulu.
  4. Tujuan Jelas. Berlandaskan ilmu pengetahuan yang digunakan inovasi tentulah memiliki tujuan amat jelas. IPTEK pasti menitikberatkan pada objek dan subjek dalam pengembangannya. Jadi kecil kemungkinan kalau penciptaan inovasi tidak tepat sasaran.

Manfaat Inovasi

  1. Memecahkan masalah
  2. Menciptakan Kualitas Unik
  3. Meningkatkan Produktivitas
  4. Tangguh

Pengajuan pinjaman secara online yang merupakan salah satu bentuk inovasi bertujuan agar masyarakat dari sabang sampai merauke tanpa merasa dibatasi bisa mendapatkan dana tunai apabila berada di kondisi terdesak.

Karena kita pun tidak pernah tahu kapan seseorang berada di situasi darurat, contoh : Pembayaran sewa tahunan rumah sudah jatuh tempo, mengalami kecelakaan kerja, pemutusan hubungan kerja serta masih banyak lagi.

Produk pinjaman pun bisa menyesuaikan kebutuhan calon nasabah mau menggunakan agunan BPKB kendaraan atau SHM.

Bayangkan kalau seandainya sampai detik Anda masih berbondong-bondong dari pagi hingga siang/sore hari hanya untuk mengajukan pinjaman, belum lagi ada kemungkinan reject bukankah itu hanya membuang-buang waktu?

Perusahaan Multifinance

Multifinance adalah sebuah lembaga keuangan non bank yang bisnisnya bergerak dalam pinjam meminjam dana kepada calon debitur atau nasabah guna membeli memenuhi kebutuhan dan perusahaan ini dibawah pengawasan Otoritas Jasa Keuangan.

Perbedaan antara Bank dengan multifinance terletak pada penyaluran dananya ke masyarakat luas.

Dibawah ini adalah beberapa jenis multifinance :

  1. Pinjaman dana tunai menggunakan gadai BPKB Motor atau Mobil
  2. Pembelian kendaraan bermotor
  3. Pembelian alat berat
  4. Pembiayaan kebutuhan rumah tangga

Terwujudnya perusahaan multifinance yang tangguh, kontributif dan inklusif juga bisa menjaga sistem keuangan stabil.

Inovasi Digital dan Teknologi dalam Penerapannya di Perusahaan Multifinance

Sekarang ini kehadiran teknologi nyatanya telah mempengaruhi hampir keseluruhan gaya hidup masyarakat, hingga hal tersebut menjadi sebuah acuan bagi perusahaan salah satunya multifinance untuk semakin berinovasi menawarkan kemudahan bertransaksi melalui gadget Anda.

Saat pandemi berlangsung tren digitalisasi semakin dipercepat hal tersebut dilakukan guna memenuhi ekspektasi customer, dealer rekanan serta mendukung peningkatan bisnis.

Besar harapan juga dengan adanya inovasi digital dan teknologi dalam penerapannya di perusahaan multifinance ini dapat menciptakan debitur berkualitas.

Baca Juga : Bagaimana Manfaat Perusahaan Pembiayaan untuk Masyarakat?

Perusahaan multifinance melakukan penerapan inovasi dan teknologi pada program sistemnya agar pengguna nyaman mengakses fasilitas yang ada.

Terciptanya aplikasi pinjaman online dengan tampilan sederhana dan mudah digunakan oleh siapa saja membuktikan bahwa perusahaan multifinance memang serius menjawab segala kebutuhan masyarakat terkait pinjaman dana.

Daripada mereka harus kesana kemari keluar rumah demi mendapatkan dana tunai tanpa kepastian yang jelas, mengapa tidak coba ajukan secara online melalui aplikasi saja?

Setiap aplikasi atau website pasti terdapat nomor customer service, siap menjawab kendala pengajuan, Anda sebagai calon debitur bisa menanyakan mengenai kemajuan proses pinjaman dana atau hal lain terkait pengajuan.

Sekarang keputusan berada ditangan Anda kapan pun membutuhkan dana tunai ajukan via website atau aplikasi saja.

Teknologi berbasis data diyakini bisa membantu pengambilan keputusan, berikut adalah beberapa bentuk inovasi yang akan sangat berguna, yakni :

  1. Otomasi

Penerapan sistem mekanis guna meningkatkan proses dan mengurangi jumlah tenaga, teknologi ini memperingan perusahaan multifinance menyeleksi calon debitur berkualitas (pengecekkan history credit).

  1. Visualisasi data

Memberikan informasi secara real-time mengenai calon debitur sehingga memudahkan pihak peminjam mengambil keputusan tepat terkait pinjaman dana tunai.

  1. Analisis tingkat lanjut untuk operasi keuangan

Bentuk inovasi ketiga berguna memberikan lebih banyak informasi sebagai acuan pengambilan keputusan pembiayaan karena keputusan tersebut sangat berdampak kepada perusahaan secara menyeluruh.

  1. Komunikasi lebih mudah

Pentingnya menghindari miss communication agar tidak merugikan perusahaan, hubungan komunikasi tersebut entah dari atasan ke karyawan atau dari perusahaan ke konsumen.

Solusi yang diberikan perusahaan untuk masyarakat adalah menawarkan kemudahan transaksi pengajuan pinjaman melalui aplikasi, bagaimana kalau calon debitur mengalami kendala? Silahkan hubungi customer service.

Jika Anda merasa sulit kesulitan mengajukan lewat aplikasi tidak perlu khawatir, contohnya di autogadai calon debitur dapat melakukan pinjaman dana melalui aplikasi whatsapp pelayanan 24/7 selain itu autogadai juga merupakan mitra multifinance terbaik.

Artificial Intelligence (AI) atau biasa kita kenal sebagai kecerdasan buatan sangat pesat saat ini, tak sedikit inovator berlomba-lomba untuk menciptakan AI yang terbaik dan tercanggih.

Pengertian Artificial Intelligence (AI) sendiri merupakan aktivitas penyediaan mesin seperti komputer memiliki kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan manusia.

Dengan kata lain AI adalah sistem komputer yang dapat melakukan berbagai macam pekerjaan umum yang biasanya membutuhkan tenaga manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

Teknologi AI membutuhkan data untuk dijadikan pengetahuan, selain membutuhkan pengetahuan ada hal lain yang dibutuhkan seperti pengalaman.

Ada beberapa poin penting dalam proses AI, yaitu :

  1. Learning
  2. Reasoning
  3. Self Correction

Dari ketiga poin penting diatas, poin terakhir self correction atau mengoreksi diri merupakan hal menarik.

Sekian ulasan mengenai inovasi digital dan teknologi dalam penerapannya di perusahaan multifinance kali ini, semoga bermanfaat. Apabila Anda mengalami kondisi terdesak dan butuh pinjaman dana tunai, silahkan hubungi customer service. 

Pastikan nomor Anda selalu aktif saat mengajukan pinjaman agar tim terkait kami tidak kesulitan memproses pengajuan hingga pencairan dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 AutoGadai.com