Cara Melatih Kemampuan Fast Learning Demi Karir Lebih Baik

Cara Melatih Kemampuan Fast Learning

Cara Melatih Kemampuan Fast Learning. Persaingan di bursa kerja sangatlah ketat, apalagi jika Anda tidak memiliki hard skill serta soft skill yang memumpuni alhasil Anda bisa kalah bersaing.

Kali ini Autogadai akan membahas mengenai satu soft skill yang bisa membantu Anda untuk bersaing di dunia kerja yaitu fast learning atau kecepatan dalam belajar.

Baca Juga : Cara Berhenti Menjadi People Pleaser

Fast learning itu sendiri sekarang sudah menjadi salah satu persyaratan diterimanya seseorang di perusahaan. Daripada terus penasaran, yuk kita simak artikel ini sampai akhir.

Fast Learning

Fast Learning merupakan soft skill yang ada kaitannya dengan kecepatan seseorang dalam belajar atau menerima informasi.

Kecepatan belajar atau fast learning sangat erat kaitannya dengan kemampuan:

·       Adaptasi

Adaptasi adalah kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan situasi baru guna mencapai suatu tujuan.

·       Kemauan belajar

Untuk memiliki kemampuan fast learning tentu butuh waktu untuk mempelajarinya. Tantangan demi tantangan yang datang bisa membuat Anda semakin terlatih dan akan banyak pelajaran yang bisa Anda dapatkan dengan catatan jangan menyerah.

Seberapa Penting Fast Learning itu?

Seiring pesatnya perkembangan teknologi mengharuskan Anda untuk cepat beradaptasi sehingga membuat peluang karir Anda terbuka lebar.

Perusahaan pun akan senang dengan karyawan yang memiliki performa bagus di kantor, sehingga perusahaan tidak perlu melatih karyawan secara terus menerus demi menghemat biaya, waktu, dan tenaga.

Manfaat Fast Learning

1.     Terbukanya banyak kesempatan berkarir

Jika Anda ingin mengembangkan karir dan naik jabatan maka milikilah kemampuan fast learning. Besar kemungkinan Anda akan mendapatkan kesempatan untuk mengerjakan proyek yang belum dikerjakan sebelumnya.

2.     Memiliki banyak keahlian

Keuntungan yang pasti Anda dapatkan jika mampu mempelajari suatu hal dengan cepat adalah memiliki banyak keahlian.

Seseorang yang memiliki kemapuan fast learning berkeinginan kuat untuk terus belajar dan berkembang.

3.     Memudahkan Anda untuk Career Switch

Apabila Anda tertarik untuk pindah karir, kemampuan fast learning bisa membantu Anda untuk memahami informasi. Misalnya, sekarang Anda adalah seorang desainer grafis yang tertarik untuk pindah karir menjadi seorang content writer.

Cara Melatih Kemampuan Fast Learning

Berikut adalah cara melatih kemampuan fast learning demi karir lebih baik:

1.   Fokus

Usahakanlah tetap fokus ketika Anda sedang mempelajari keterampilan baru, mengerjakan suatu tugas, atau melakukan aktivitas lainnya.

Banyak sekali keuntungan yang di dapatkan ketika Anda fokus dalam berbagai hal diantaranya memudahkan Anda dalam menyerap ilmu dengan lebih baik, menyeluruh, dan segala pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

Ada beberapa kebiasaan simple yang bisa membantu Anda agar tetap fokus setiap hari seperti:

  • Melakukan meditasi
  • Sarapan tepat waktu
  • Jaga kualitas tidur
  • Melakukan latihan otak (bermain video games)
  • Mendengarkan musik
  • Hindari multitasking

2.   Sering Mencatat dan Membaca

Kebiasaan mencatat dan membaca buku bisa membantu Anda dalam memahami hal baru secara cepat alasannya karena otak sudah terlatih untuk berpikir dengan baik.

Dua kebiasaan tersebut bisa membantu Anda dalam melatih mental, konsentrasi, mengurangi stres, hingga menambah pengetahuan.

Supaya Anda tidak lupa dengan apa yang dipelajari hari ini silahkan tulis di buku catatan atau sticky notes dan tempelkan di meja belajar atau meja kantor.

Begitupun ketika Anda sedang asyik membaca buku beri tanda pada bagian yang menurut Anda menarik dan bermanfaat tujuannya agar bisa dibaca ulang kembali tanpa harus bersusah payah mencari halaman yang dimaksud.

Sederhana bukan?

3.   Tentukan Gaya Belajar

Setiap orang memiliki gaya belajar berbeda-beda ada yang lebih suka mencoret-coret buku atau belajar sambil mendengarkan musik.

Tentukan gaya belajar yang tepat untuk Anda agar proses pembelajaran lebih terasa enjoy dan segala informasi atau materi pun lebih mudah di proses oleh otak.

4.   Buat Jadwal Harian

Supaya semua berjalan sesuai rencana tanpa kendala sedikit pun cobalah untuk membuat jadwal harian. Dengan adanya jadwal harian yang terstruktur Anda bisa lebih fokus mengerjakan pekerjaan satu persatu.

Jika Anda merasa kesulitan kalau harus mencatat jadwal harian di buku catatan, sekarang sudah banyak aplikasi pendukung yang memudahkan Anda dalam membuat jadwal salah satunya adalah Google Calendar.

Kebiasaan membuat jadwal harian bisa menjauhkan Anda dari sikap suka menunda-nunda sehingga produktivitas kerja meningkat, terhindar dari stres, meningkatkan kreativitas, dan melatih manajemen waktu.

5.   Jangan Malu Bertanya

Ketika Anda merasa ada yang belum dipahami lebih baik bertanyalah kepada mentor, rekan kerja, atau orang sekitar yang sekiranya bisa membantu Anda.

Tidak perlu merasa malu, namanya juga belajar memang butuh proses dibandingkan Anda memaksakan diri untuk mencari jawabannya namun ternyata hasilnya nihil malah membuat waktu Anda terbuang banyak.

Dengan Anda bertanya kepada orang lain maka secara langsung Anda bisa mendapatkan perspektif atau pandangan baru mengenai hal yang baru dipelajari.

6.   Jangan Takut Salah

Saat Anda sedang mempelajari keahlian atau kemampuan baru sah saja Anda memiliki standar tinggi, namun jangan sampai Anda kesulita untuk mengejarnya sehingga membuat banyak waktu berharga.

Maka dari itu daripada membuat standar tinggi lebih baik buatlah standar secara realistis. Anda bisa meningkatkan standar tersebut secara bertahap, tindakan tersebut juga untuk meminimalisir rasa takut salah Anda.

7.   Belajar Hal Baru Setiap Hari

Semakin sering Anda belajar hal baru maka otak akan terbiasa untuk menyerap informasi. Sama halnya dengan otot, otak juga harus dilatih terus menerus.

Di sela-sela kesibukan, coba Anda sisihkan waktu sekitar 10-15 menit setiap hari untuk melatih kemampuan fast learning.

Jangan anggap remeh walaupun hanya 10 – 15 menit ini bisa memberikan dampak signifikan jika Anda disiplin.

8.   Cukupi Kebutuhan Air

Penuhi kebutuhan air dengan rajin minum air putih minimal 1,5 liter setiap hari atau Anda bisa mencari informasi mengenai berapa jumlah kebutuhan air sesuai bobot tubuh.

Manfaat yang Anda dapatkan ketika kebutuhan air tercukupi salah satunya yaitu meningkatkan daya ingat sehingga Anda lebih mudah menerima informasi dan menyerap ilmu baru.

Tak heran kalau misalnya tubuh kekurangan cairan otak menjadi sangat lemot ketika menerima informasi.

9.   Istirahat Cukup

Setelah menjalani aktivitas yang cukup padat, jangan lupa untuk beristirahat agar keesokan harinya pikiran dan tubuh kembali segar dengan begitu Anda bisa maksimal untuk menerima semua informasi atau menerima pembelajaran.

Pastikan tidur malam Anda berkualitas, hindari pikiran overthinking, hindari menggunakan ponsel 1 jam sebelum tidur, hindari minuman berkafein, hindari olahraga terlalu berat dan hindari makan malam terlalu berat 2 jam sebelum tidur.

Semoga pembahasan artikel mengenai cara melatih kemampuan fast learning ini bisa membantu Anda.

Jika Anda butuh dana pinjaman untuk memenuhi kebutuhan darurat, bulanan, atau kebutuhan penting lainnya. Silahkan ajukan di Autogadai.com, prosesnya cepat, mudah, dan fleksibel.

Untuk memudahkan pengajuan Anda silahkan klik tautan berikut:

Pinjaman proses cepat (Mobil)

Pinjaman proses cepat (Motor)

Pinjaman proses cepat (Sertifikat Rumah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *