Apakah Jual Mobil Bisa Menjadi Solusi Saat Kondisi Krisis Seperti Ini?

jual mobil bisa menjadi solusi

Kali ini kami akan membahas apakah jual mobil bisa menjadi solusi terbaik saat krisis melanda yang diakibatkan oleh pengaruh ekonomi global.

Sekarang kita semua, bahkan seluruh masyarakat dunia sedang mengalami kesulitan finansial akibat resesi.

PHK merajalela, banyak bisnis gulung tikar, berbagai layanan tutup dan barang kebutuhan pokok juga sulit diperoleh sehingga menyebabkan harga naik.

Kondisi seperti ini sama sekali tidak bisa diprediksi dan membuat banyak orang tak sempat melakukan persiapan keuangan.

Sebagai solusi jangka pendek, banyak yang menjual barang-barang kesayangan seperti gadget, perkakas, emas, properti dan lainnya.

Semua dilakukan demi menyambung hidup, apalagi sekalipun kondisi ini bisa pulih, butuh waktu yang cukup lama untuk recovery semuanya.

Karena hal ini tak dapat diperkirakan sebelumnya, maka salah satu langkah yang banyak diambil adalah menjual mobil demi memperoleh dana segar.

Yang menjadi pertanyaan besar, apakah dengan jual mobil bisa menjadi solusi atau mampu menyelamatkan kondisi keuangan kita?

Dan uang hasil penjualan mampu bertahan sampai kapan?

Apalagi kondisi ini menyebabkan harga mobil drop hingga 50% dari OTR resmi.

Sebenarnya penurunan harga secara drastis tersebut tidak hanya dialami oleh mobil saja tetapi juga menimpa properti dan banyak bidang lainnya.

Lalu bagaimana solusinya?

Daripada menjual dengan harga yang sudah sangat jatuh, lebih baik digadaikan saja BPKB nya ke perusahaan leasing atau multifinance.

Sebenarnya opsi menjual pun tidak terlalu buruk, tetapi itu tergantung pada kebutuhan serta perhitungan Anda sendiri.

Begini Seharusnya Supaya Keuangan Bisa Stabil Tanpa Mengandalkan Jual Mobil Bisa Menjadi Solusi

jual mobil

Pertama, buatlah daftar kebutuhan yang wajib dipenuhi atau tidak bisa ditunda seperti makan, bayar listrik, air dan angsuran kredit bulanan Anda.

Lalu hitung berapa dana tersedia di rekening tabungan, buatlah perhitungan hingga minimal 3 bulan kedepan.

Jika sudah merasa cukup, hal itu pasti sedikit mengurangi beban pikiran Anda saat krisis terjadi. Namun biasanya yang namanya perencanaan pasti selalu tidak tepat sebab kenyataan di lapangan bisa beda dari ekspektasi.

Seharusnya tindakan antisipatif musti dilakukan sejak dini sebelum kondisi ekonomi makin buruk, tetapi karena diawal kita terlalu meremehkan, malah membuat segalanya semakin sulit.

Sebagai informasi penting bagi Anda, menjual apapun saat kondisi krisis merajalela, pasti harga jualnya menjadi sangat rendah.

Jika Anda telat ambil keputusan, tetap usahakan jangan jual mobil, lebih baik di gadaikan saja BPKB nya karena nilai uang yang akan diterima mungkin sama, bahkan jauh lebih tinggi dibandingkan dijual.

Keuntungan lainnya, mobil tetap ada di Anda sehingga dapat digunakan ketika dibutuhkan.

Pertanyaannya, apakah ada perusahaan leasing atau multifinance yang buka saat kondisi krisis begini?

Jawabannya adalah ada namun hanya beberapa perusahaan saja yang masih aktif melayani saat resesi ini.

Silakan hubungi tim AutoGadai.com untuk informasi serta proses lebih lanjut. Anda akan dibantu sampai cair dengan aman dan nyaman.

Jual Mobilmu Hanya Jika Ingin Ganti Saja!

jual mobil bekas jakarta

Yup betul sekali, hindarilah keinginan memiliki mobil terbaru hanya karena tertarik dengan tampilan serta fiturnya saja.

Kecuali itu memang dibutuhkan untuk mobilitas pekerjaan atau kebutuhan keluarga Anda, sehingga tak ada salahnya punya lebih dari 1 unit.

Jangan memaksakan untuk beli baru apabila budget terbatas, carilah yang seken saja. Silakan Anda baca artikel mengenai tips membeli mobil bekas paling ampuh dari pakarnya agar memperoleh pencerahan positif.

Lalu bagaimana jika memang kondisinya mengharuskan untuk dijual karena keterdesakan ekonomi?

Baiklah, walaupun Anda menjualnya karena terpaksa, tetap harus memperhatikan beberapa hal dibawah ini supaya cepat laku.

Cek Seluruh Bagian Secara Detail

Pikat lah calon buyer dengan tampilan mobil yang mempesona sebab kesan pertama begitu berharga.

Apabila ada bagian yang penyok atau tergores, segera perbaiki. Tidak perlu ke bengkel resmi karena sekarang banyak tempat repair body yang terjangkau harganya.

Cek kondisi AC, wiper, ban, kaca, serta interiornya. Terkadang beberapa pembeli bisa langsung membuat keputusan hanya dari melihat tampilan luarnya saja.

Selanjutnya adalah arahkan supaya buyer segera lakukan test drive secepatnya dengan bilang bahwa mobil ini sudah banyak peminatnya.

Cara tersebut selalu ampuh bagi siapapun yang ingin jual mobil menjadi solusi tercepat dapat uang.

Cek Kondisi Mesin

bursa mobil seken

Apabila Anda tidak terlalu paham soal mesin seperti saya, mending minta tolong ke montir di bengkel mobil terdekat untuk melakukan pengecekan performa mesin.

Jangan sampai ada keluhan ketika buyer sudah setuju beli atau ketika digunakan malah terdapat masalah, apalagi sampai mogok.

Harga diri dan kredibilitas Anda bisa terganggu jika hal itu sampai terjadi. Apalagi kalau Anda adalah orang terpandang.

Siapkan Kelengkapan Dokumen

Surat penting mobil seperti STNK, BPKB, faktur pembelian, buku servis rutin jangan sampai hilang agar calon pembeli tak menganggap mobil Anda adalah mobil bodong.

Zaman sekarang kita tahu bahwa banyak sekali pemalsuan surat kendaraan seperti STNK dan BPKB. Mungkin bagi buyer yang kritis, Ia bisa melakukan cek keabsahan BPKB untuk meminimalisir resiko.

Mungkin juga akan sedikit merepotkan untuk menekankan kepada calon pembeli jika BPKB belum atas nama Anda sendiri.

Agar cabuy tak kabur, lebih baik arahkan kepada dia untuk melakukan cek absah BPKB di samsat terdekat.

Pasang Harga Jual Sesuai Tujuan Anda

Kalau Anda ingin jual santai, tentu berani pasang harga tinggi dengan resiko terjualnya lama. Tapi jika ingin jual cepat karena sedang butuh uang, kami sarankan untuk jual sedikit dibawah harga pasar.

Mengapa?

Coba Anda buka situs jual beli mobil yang banyak bertebaran di internet, disana Anda akan lihat banyak mobil sejenis yang dijual.

Harganya beragam, kalau Anda keukeuh jual dengan harga tinggi, maka resikonya adalah sulit bersaing dengan penjual lainnya.

Sebisa Mungkin Hindari Jual ke Showroom

harga mobil bekas bisa menjadi solusi

Mengapa? Karena harganya pasti akan ditawar lebih rendah lagi. Ya itu wajar saja sebab hanya di tempat mereka mobil Anda dapat cepat terjual.

Sebenarnya kalau Anda di posisi sebagai pembeli pun pasti akan berusaha tidak beli dari showroom karena harga yang dipatok pasti lebih tinggi dibandingkan beli ke pemiliknya langsung.

Menggunakan pihak dealer atau showroom pasti ada plus minusnya. Jadi semuanya tetap kembali lagi pada tujuan Anda menjual.

Manfaatkan Situs Jual Beli Mobil Online

Kita pasti sudah tidak asing lagi dengan situs seperti OLX, Carmudi, Mobil123, Kaskus, dan lainnya. Semua platform tersebut bisa digunakan untuk menjual mobil Anda langsung kepada konsumen / peminat.

Beberapa saran bagi Anda yang ingin coba posting kendaraan di situs jual beli mobil yaitu:

  • Gunakan foto terbaik.
  • Manfaatkan slot gambar semaksimal mungkin (biasanya setiap situs menyediakan maksimal 5 – 7 slot gambar mobil yang ingin dijual).
  • Buat deskripsi yang panjang, detail dan menarik serta alasan mengapa orang harus beli dari Anda.
  • Tulis judul produk secara unik dan sebutkan merk serta tahun mobil di title
  • Promosikan link produk Anda ke berbagai media sosial seperti facebook, twitter, IG, linkedin hingga WA.

Sebelum Menjualnya, Pertimbangkan Kembali Secara Matang!

solusi dapat uang cepat

Dilihat dari nilai ekonomisnya, tentu harga mobil akan terus menurun (depresiasi) seiring berjalannya waktu, itulah mengapa jual mobil jangan dijadikan opsi utama.

Gadaikan saja BPKB nya, jadi Anda tak perlu terlalu repot untuk memperoleh dana tunai cepat cair. Sekarang yang jadi pertanyaan selanjutnya ialah tempat pinjaman jaminan BPKB mobil di bank atau multifinance paling mudah?

Silakan pelajari info dari link diatas tadi. Tentu jika ingin cepat serta mudah, AutoGadai.com lah solusinya karena memiliki layanan kredit multiguna terbaik.

Jadi kesimpulan dari kami, jual mobil bisa menjadi solusi atau tidak tergantung dari tujuan dan kebutuhan yang harus segera dipenuhi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *