Tenor adalah : Fungsi, Jenis, dan Tips Pinjaman

tenor adalah

Tenor adalah sebuah istilah yang erat kaitannya dengan dunia kredit dan investasi.

Baca Juga : Gadai BPKB Motor Cepat Cair, Proses 2 Jam Saja!

Sayangnya, masih ada orang yang masih asing dengan istilah satu ini. Untuk itu yuk simak ulasan lengkap di bawah ini mengenai seluk beluk tenor.

Tenor Adalah

Untuk Anda yang sering melakukan transaksi kredit baik itu barang atau dana tunai, tentu tidak asing dengan istilah tenor.

Tenor adalah jangka waktu pembayaran angsuran yang telah di setujui oleh kedua belah pihak (debitur – kreditur).

Tenor pinjaman merupakan salah satu penentu besarnya tingkat suku bunga yang diberikan kreditur kepada debitur.

Umumnya, semakin panjang tenor atau jangka waktu yang Anda ambil maka suku bunga yang ditawarkan cukup tinggi sedangkan semakin pendek tenor pinjaman maka tingkat suku bunga pun kecil.

Semua itu kembali kepada kebutuhan Anda, jika merasa tenor panjang memudahkan pengaturan keuangan Anda maka seharusnya bukan masalah besar.

Fungsi Tenor

Beberapa fungsi dari tenor pinjaman adalah:

  • Menentukan jumlah bunga yang harus dibayar: Semakin lama tenor pinjaman, maka semakin besar pula jumlah bunga yang harus dibayarkan oleh Anda. Oleh karena itu, memilih tenor yang tepat dapat membantu menghemat uang.
  • Menentukan jumlah cicilan bulanan: Jumlah cicilan bulanan juga dipengaruhi oleh tenor pinjaman. Semakin panjang tenor, semakin rendah jumlah cicilan bulanan. Namun, semakin lama tenor, semakin banyak bunga yang harus dibayarkan.
  • Menyesuaikan dengan kemampuan finansial Anda: Pilihan tenor pinjaman yang tepat dapat membantu Anda memilih jangka waktu yang sesuai dengan kemampuan finansial.
  • Mengoptimalkan penggunaan dana: Dengan memilih tenor yang tepat, Anda dapat memaksimalkan penggunaan dana yang diperoleh dari pinjaman.

Jenis-Jenis Tenor

Berdasarkan jangka waktunya tenor dibagi menjadi dua, antara lain:

1.   Jangka Pendek

Tenor jangka pendek biasanya mulai dari 1 bulan, jika Anda saat ini membutuhkan pinjaman dana tunai namun tidak mau mengambil tenor panjang.

Anda bisa mengajukan pinjaman dengan menggunakan BPKB motor minimal tahun 2010 (tenor 6 bulan).

2.   Jangka Panjang

Tenor jangka panjang biasanya sampai 30 tahun dan cocok untuk pembiayaan kredit rumah (KPR), pembelian kendaraan bermotor, atau pembiayaan dana tunai menggunakan BPKB mobil dan sertifikat rumah.

Kelebihan Tenor Jangka Pendek dan Panjang

Tenor Pinjaman Jangka Pendek:

  • Bunga yang lebih rendah: Biasanya, tenor pinjaman jangka pendek memiliki bunga yang lebih rendah dibandingkan dengan tenor jangka panjang.
  • Angsuran yang lebih rendah: Karena waktu pelunasan pinjaman lebih pendek, angsuran yang harus dibayarkan per bulan juga lebih rendah.
  • Kecil kemungkinan terjebak dalam hutang: Dengan waktu pelunasan yang pendek, risiko terjebak dalam hutang juga lebih kecil.

Tenor Pinjaman Jangka Panjang:

  • Angsuran yang lebih rendah: Meskipun bunga yang harus dibayarkan lebih tinggi, angsuran yang harus dibayarkan per bulan akan lebih rendah, sehingga lebih mudah dicicil.
  • Fleksibilitas: Dengan waktu pelunasan yang lebih lama, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk mengatur keuangan Anda dan memiliki fleksibilitas dalam menjadwalkan pembayaran angsuran.
  • Dapat meminjam jumlah yang lebih besar: Dalam banyak kasus, pinjaman jangka panjang memungkinkan Anda untuk meminjam jumlah yang lebih besar daripada pinjaman jangka pendek.

Faktor

Ketika Anda ingin mengajukan pinjaman dana tunai dengan BPKB atau Sertifikat Rumah, tentu pihak kreditur akan memberikan besaran angsuran serta tenor pinjaman yang bisa Anda ambil.

Supaya keuangan Anda tetap aman walaupun ada angsuran yang harus dibayarkan setiap bulan. Maka kreditur memiliki empat faktor untuk membantu Anda mempertimbangkan panjang tenor yang di ambil. Apa saja itu?

1.   Usia

Kreditur akan menilai usia produktif, hal ini berhubungan dengan kemampuan Anda dalam membayar angsuran setiap bulan.

Apabila usia Anda masih terbilang produktif maka pihak kreditur akan memberikan tenor panjang dan sebaliknya apabila usia Anda tergolong tua, kreditur akan memberikan tenor pendek. Alasannya karena usia tua sudah dianggap kurang produktif sehingga mempengaruhi kemampuan Anda dalam membayar angsuran.

2.   Penghasilan

Kreditur akan menilai kemampuan Anda untuk melunasi pinjaman sampai lunas berdasarkan besaran penghasilan. Penghasilan tersebut berupa pendapatan tetap setiap bulan atau penghasilan dari bisnis yang Anda jalankan.

3.   Jumlah Pinjaman

Jumlah pinjaman yang Anda ajukan sejak awal menjadi faktor penentu panjangnya tenor, Jika Anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah kecil, kreditur akan menyarankan Anda untuk mengambil tenor pendek begitupun sebaliknya jika Anda membutuhkan pinjaman dalam jumlah besar maka disarankan mengambil tenor panjang.

4.   Aset Lain

Faktor terakhir yang tak kalah penting adalah aset-aset lain yang Anda miliki seperti rumah, kendaraan, atau lainnya.

Kreditur akan memasukkan aset-aset tersebut ke dalam komponen penilaian dalam menentukan tenor. Selain itu masih ada lagi yang menjadi bahan pertimbangan kreditur yaitu pengeluaran rutin Anda setiap bulan.

Setelah Anda mengetahui empat faktor di atas, tentu Anda akan terbantu dalam mengatur keuangan dan proses evaluasi.

Sehingga Anda akan berpikir dua kali ketika ingin membeli barang yang kurang penting karena hanya akan membuang-buang uang.

Mungkin menurut Anda harga barang tersebut tak seberapa, namun jika Anda total keseluruhan jangan kaget kalau jumlah pengeluaran “kecil” itu ternyata di luar ekspetasi.

Tips Pinjaman Cepat Cair

Ingin pinjaman Anda langsung di proses hari ini juga? Yuk, simak tips pinjaman cepat cair berikut ini.

1.   Usia

Untuk Anda yang berusia minimal 21 tahun dan maksimal 55 tahun serta sudah berpenghasilan sendiri bisa silahkan mengajukan pinjaman sesuai kebutuhan.

Namun, jika ternyata usia Anda di bawah 21 tahun dan ingin mengajukan pinjaman, maka tim lapangan akan menyarankan pengalihan pengajuan ke orangtua.

2.   Data diri

Lengkapi data diri dengan benar, jangan sampai ada kesalahan input karena mempengaruhi cepat lambatnya pemrosesan. Kesalahan sepele namun fatal yang seringkali tim Autogadai temukan adalah kesalahan menginput nomor telepon.

Sehingga pengajuan Anda tidak dapat dilanjut proses (reject), maka dari itu saran dari Kami sebelum mengirimkannya cek kembali sebanyak 2x.

3.   Mudah dihubungi

Setelah Anda mengirimkan data awal yang telah diberikan oleh admin Autogadai, mohon tunggu sebentar karena Anda akan dihubungi oleh salah satu tim terkait Kami melalui telepon atau chat whatsapp untuk proses lebih lanjut.

Jadi pastikan ponsel Anda statusnya standby untuk mempermudah segala pemrosesan sampai dana pinjaman sampai ke tangan Anda.

4.   Jaminan

Untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman di Autogadai, Kami menyediakan tiga fasilitas pinjaman yaitu:

  • Gadai BPKB Motor
  • Gadai BPKB Mobil
  • Gadai Sertifikat Rumah

Sepeda motor yang bisa Anda ajukan mulai dari tahun 2010, mobil minimal 2007, dan sertifikat rumah mencakup wilayah Jabodetabek.

Sebagai informasi tambahan Kami belum bisa menerima pengajuan motor roda tiga, dan untuk mobil china yang bisa di ajukan hanya merk wuling saja.

5.   Dokumen lengkap

Terakhir kelengkapan dokumen yang dibutuhkan, apabila dokumen yang Anda miliki kurang, tim akan membantu semaksimal mungkin dengan menanyakan dokumen pendukung lainnya.

Nah, Semoga setelah Anda membaca artikel ini diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan Anda terkait tenor pinjaman.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana tunai sekarang juga, silahkan hubungi Customer Service Kami melalui link di bawah.

Pinjaman BPKB Motor

Pinjaman BPKB Mobil

Pinjaman Sertifikat Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *