Tips Produktif Selama Ramadhan

tips produktif selama ramadhan

Tips Produktif Selama Ramadhan. Bulan suci Ramadhan bukan menjadi alasan untuk Anda meninggalkan tanggung jawab atau bermalas-malasan begitu saja.

Oleh karena itu Anda harus menjaga stamina tubuh agar tetap fit sepanjang hari selama bulan suci Ramadhan.

Baca Juga : Cara Menghilangkan Rasa Kantuk Saat Bekerja

Maka dari itu Autogadai akan membahas apa saja tips produktif selama Ramadhan, tentunya tips tersebut bisa diaplikasikan baik di rumah atau di kantor. Menarik bukan? Yuk, langsung kita simak.

Apa itu Produktif?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) yang dimaksud dengan produktif adalah kemampuan menghasilkan sesuatu, daya produksi, dan keproduktifan.

Selain menurut KBBI di bawah ini terdapat beberapa pengertian produktif menurut para ahli, antara lain:

  • Eddy Herjanto : Produktivitas merupakan nilai yang menyatakan cara terbaik bagi suatu sumber daya untuk diatur dan digunakan dalam mencapai tujuan maksimal.
  • Husein Umar : Produktivitas adalah perbandingan antara jumlah output yang dihasilkan dengan jumlah input yang dibutuhkan.
  • Ravianto : Produktivitas merupakan hubungan kerja antara hasil kerja dengan suatu satuan waktu yang diperlukan untuk menghasilkan produk tertentu.

Kegiatan Produktif Selama Ramadhan

Olahraga

Tahukah Anda kalau berolahraga di bulan puasa itu dapat meningkatkan metabolisme tubuh sebesar 50%? Apalagi ketika berpuasa, tubuh Anda rendah energi.

Kalau memang tidak ada waktu untuk olahraga sebelum buka puasa, silahkan Anda mengambil waktu beberapa menit untuk melakukann olahraga ringan setelah buka puasa.

Mengikuti Webinar

Produktif di bulan Ramadhan, ternyata tidak susah loh! Anda bisa mengikuti webinar yang diselengarakan secara online mau itu berbayar atau gratis.

Biasanya banyak topik yang akan dibahas ketika webinar mulai dari webinar pengembangan diri, karir, isu sosial, beasiswa, dan lain-lain.

Mengikuti Bootcamp

Bootcamp merupakan program pelatihan yang dilangsungkan secara intensif dengan kurikulum yang telah dirancang secara mendalam sesuai perkembangan industri terkini.

Apabila Anda ingin memperdalam keterampilan serta menambah wawasan secara intensif maka bootcamp adalah solusinya.

Daripada Anda hanya menghabiskan waktu untuk tidur seharian di rumah, lebih baik ambil kelas bootcamp sesuai minat. Anda juga bisa menambah relasi dengan berkenalan dengan para peserta bootcamp lainnya di grup.

Eksplorasi Kegiatan Baru

Apakah Anda ada keinginan untuk mengeksplor kegiatan baru namun sampai sekarang belum juga terlaksanakan?

Kira-kira kegiatan apa yang ingin Anda eksplor? Belajar memasak, menjahit, merawat bunga, atau belajar make up mungkin? Yuk realisasikan sekarang juga.

Membaca Buku

Membaca buku favorit merupakan aktivitas menyenangkan selain menambah pengetahuan, melatih mental, kosakata bertambah, hingga menjauhkan Anda dari stres.

Anda mempunyai buku yang sampai saat ini belum dibuka sama sekali? Jika Iya maka sekaranglah waktu yang tepat untuk membacanya.

Menonton Film

Terakhir adalah menonton film, pastikan film yang Anda tonton jauh dari kata sadis atau pornografi. Supaya tidak mengurangi pahala puasa silahkan pilih genre komedi.

Menonton film genre komedi banyak manfaatnya, apa ya kira-kira?

  • Mengurangi stres. Film komedi dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati dengan memicu produksi hormon endorfin (membuat bahagia dan santai)
  • Meningkatkan kesehatan menta Menonton film komedi dapat membantu meningkatkan kesehatan mental Anda dengan mengurangi tingkat kecemasan dan depresi.
  • Menstimulasi kreativitas. Anda bisa belajar dari ide-ide kreatif dalam film dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memperbaiki kualitas tidur. Menonton film komedi sebelum tidur bisa memperbaiki kualitas tidur Anda, sebab ketika Anda tertawa segala ketegangan dan stres yang diakumulasi selama hari itu hilang.

Tips Produktif Selama Ramadhan

1.   Menyusun to-do list

Biasakan untuk membuat jadwal harian, karena kebiasaan tersebut sangat membantu Anda terhindar dari sikap menunda-nunda pekerjaan.

Buatlah jadwal secara rapi dan berurutan, terserah Anda mau membuat jadwal harian tersebut di buku catatan atau melalui aplikasi.

2.   Mengurangi distraksi

Kurangilah gangguan atau distraksi seperti notifikasi email, media sosial, atau aplikasi yang tidak ada sangkut pautannya dengan pekerjaan Anda. Pasang mode silent, kunci aplikasi, dan jauhkan ponsel dari jangkauan Anda.

Dengan begitu fokus Anda 100% terpusat pada pekerjaan yang sedang dikerjakan sehingga hasil pekerjaan pun bisa memuaskan karena Anda tidak mengerjakannya secara terbuuru-buru.

3.   Sahur dan buka secara teratur

Supaya Anda tidak lemas seharian di anjurkan untuk sahur dan buka puasa tepat secara teratur. Jangan sampai produktivitasmu menurun lantaran melewatkan makan saur, disarankan untuk makan-makanan berserat tinggi.

Sedangkan saat buka puasa tiba, minumlah air putih sebanyak dua gelas hindari makan gorengan terlalu berlebihan dan hindari makanan berat langsung karena perut akan kaget.

Seperti yang Anda tahu selama puasa lambung tidak mencerna makanan selama beberapa jam alias beristirahat sementara.

4.   Hindari tidur setelah saur

Salah satu tantangan terberat dalam bulan puasa adalah ketika bangun saur, apalagi kalau Anda baru saja tidur lelap karena sempat insomnia. Ketika bangun tidur Anda harus menyiapkan makanan untuk saur agar kuat puasa seharian.

Untuk menghindari insomnia sebaiknya jauhkan ponsel satu jam sebelum tidur serta hindari minuman berkafein. Sedangkan untuk menu saur buatlah makanan yang praktis dan tidak menghabiskan banyak waktu.

Mengapa tidur setelah saur sangat tidak disarankan? Agar Anda tidak bangun kesiangan selain itu memang tidak dianjurkan tidur setelah makan karena dapat mengganggu proses pencernaan.

5.   Tetap aktif

Lakukan olahraga ringan supaya tubuh tidak kaku karena seharian duduk di depan komputer, atau lakukan meditasi selama 5 – 10 menit setiap harinya untuk menyegarkan pikiran.

Jika posisinya Anda memang bekerja di rumah dan ingin tetap aktif seharian, silahkan Anda rapikan ruangan kamar atau mungkin gudang agar terlihat lebih rapi dan bersih.

6.   Tidur siang

Jika Anda bekerja di rumah ambil waktu tidur siang selama beberapa menit hingga satu jam. Tidur siang sangat bermanfaat untuk mengembalikan kebugaran dan konsentrasi.

Terdapat penelitian yang mengemukakan bahwa tidur siang memiliki banyak manfaat salah satunya meningkatkan daya ingat, menurunkan tekanan darah, meningkatkan suasana hati, hingga mengurangi stres.

7.   Hindari lembur

Jangan terlalu memaksakan diri untuk terus aktif bekerja padahal tubuh dan pikiran Anda sudah sangat merasa lelah. Anda harus mampu mengatur waktu dengan baik supaya tidak terus-terusan lembur di kantor.

Hindari juga sikap suka menunda-nunda pekerjaan mungkin salah satu alasan Anda selalu lembur karena kebiasaan ini.

Tentukan skala prioritas untuk setiap tugas yang atasan Anda berikan, mulai dari yang sangat penting sampai kurang penting.

Tapi bukan berarti tugas yang kurang penting tersebut tidak Anda kerjakan ya hanya ditunda sesaat karena fokus Anda sekarang menyelesaikan tugas yang sangat penting bahkan sudah mendekati deadline.

8.   Jangan lupa ibadah

Ibadah merupakan kebutuhan untuk seluruh umat beragama, setuju? Maksimalkan ibadah Anda di bulan Ramadhan dengan membaca al-quran, solat sunnah, dan masih banyak lagi. Dengan rajin beribadah pikiran dan hati menjadi tenang.

Itulah beberapa tips produktif selama Ramadhan semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *