Cara Cari Modal Usaha Tanpa Repot

Cara cari modal usaha

Cara Cari Modal Usaha. Perencanaan dalam bisnis memang penting, tapi yang tidak kalah penting adalah mengumpulkan modal ketika baru memulai bisnis tertentu. Dengan mengetahui jumlah modal awal bisnis, memuat anda lebih mampu mengukur seperti apa produk yang ditawarkan sekaligus bagaimana promosi yang dilewati. Mungkin modal awal membutuhkan dana yang tidak sedikit, maka wajar jika banyak calon pengusaha mencoba cara cari modal usaha.

Tips Cara Cari Modal Usaha

Ada salah satu hal yang seringkali harus dipertimbangkan matang-matang yaitu ketersediaan modal. Ada beberapa cara cari modal usaha yang bisa anda lakukan berikut ini :

  • Memakai Tabungan

Jika ingin menjadi pengusaha, sebenarnya anda tidak perlu langsung terjun di awal. Jadi, tidak ada salahnya jika sebelumnya anda menabung terlebih dahulu untuk mendapatkan modal awal bisnis. Modal usaha dari tabungan tentu saja lebih mudah mengatur jumlah modal yang dikeluarkan.

Akan tetapi, apabila anda ingin memakai tabungan sendiri dalam memulai sebuah usaha, sebaiknya pastikan anda masih menyisakan simpanan untuk kebutuhan lainnya yang ada di luar usaha anda. Contohnya untuk keperluan dana darurat maupun yang lainnya.

  • Menjual Aset

Cara cari modal usaha selanjutnya adalah menjual aset. Dengan cara ini, tentu saja anda bisa memperoleh modal yang lebih besar daripada harus menggadaikan aset. Tapi, ada beberapa pertimbangan ketika menjual aset guna memperoleh modal awal.

Baca Juga : Pinjaman Online Cepat Cair Tanpa Ribet

Langkah pertama yaitu sebaiknya pilihlah aset tertentu yang tidak terlalu diperlukan untuk memulai bisnis. Contohnya, kendaraan bermotor atau perhiasan yang tidak diperlukan saat bepergian. Selanjutnya pertimbangkan plus minus yang akan dialami ketika menjual aset.

  • Menggadaikan Aset

Apabila tidak memungkinkan mendapatkan modal dari menabung atau terlalu lama hasilnya, sementara ide usaha sudah harus dilakukan dalam waktu yang cepat, maka menggadaikan aset dapat dijadikan salah satu alternatif untuk memperoleh modal usaha. Pasalnya, aset tersebut dapat berbentuk apa saja, entah itu yang diam maupun yang bergerak.

Sebelum anda menggadaikan aset, sebaiknya pertimbangkan apakah aset tidak langsung berhubungan dengan jenis usaha yang akan dilakukan serta seberapa lama anda dapat memperoleh aset tersebut kembali.

Kelebihan menggadaikan aset entah menggunakan agunan BPKB kendaraan atau SHM prosesnya cepat dan plafond pencairana besar tinggal anda menyesuaikan seberapa besar yang diperlukan.  Maka dari itu, anda harus memastikan jumlah modal yang diperlukan serta apa saja aset yang dapat anda gadaikan.

  • Ajukan Pinjaman ke Bank

Bank sampai saat ini masih dijadikan sebagai sumber modal paling umum. Terlebih bank juga mempunyai produk perbankan khusus untuk memberikan fasilitas pinjaman bagi modal usaha. Di samping itu, beberapa bank yang ada di Indonesia telah terawasi pihak OJK dan lainnya, karenanya para nasabah menjadi lebih terjamin melakukan pinjaman.

Namun anda harus memperhatikan nilai dari bunga pinjaman. Sebaiknya pilih bunga pinjaman yang sesuai kemampuan. Selain itu riwayat pembayaran Anda tidak boleh “cacat” karena pengajuan akan otomatis tertolak.

  • Berkolaborasi Bersama Rekan

Mempunyai mitra bisnis yang dapat diajak dalam mengembangkan bisnis juga harus dilakukan. Di samping mempunyai lawan dalam beradu gagasan, mitra usaha juga dapat diajak melakukan patungan modal bisnis di awal.

Adapun hal yang harus dilakukan yaitu memilih mitra yang memiliki visi maupun misi sejalan dengan bisnis yang akan dirintis. Ini adalah langkah penting supaya kolaborasi kalian dapat berjalan baik.

  • Crowdfunding

Di samping melakukan pinjaman, modal pihak kedua lainnya yang dapat dilirik yaitu dengan menggalang dana, istilah populernya adalah crowdfunding. Sekarang ini ada banyak platform crowdfunding yang tersedia dan dapat dimanfaatkan.

Akan tetapi, dalam melakukannya anda harus mampu mengemas produk maupun jasa yang diberikan dengan cerita yang dapat menarik perhatian para investor. Baik produk maupun jasa yang anda tawarkan harus mempunyai perbedaan atau ciri khas dengan unique selling dibandingkan kompetitor.

  • Ikut Program UKM

Pemerintah mempunyai program khusus dalam memberdayakan pelaku bisnis kecil maupun menengah yang tengah merintis usahanya. Program tersebut biasanya dijalankan para lembaga tertentu yang ditunjuk pemerintah selama beberapa periode.

Melalui program ini, selain memperoleh modal usaha, anda juga ditawarkan pendampingan dan pelatihan. Biasanya pendampingan ini bertujuan mengawasi pemakaian modal bisnis tersebut supaya sesuai dengan tiap-tiap posnya.

  • Mengajukan Pinjaman

Koperasi terutama koperasi untuk simpan pinjam adalah cara untuk memperoleh pinjaman modal bisnis yang dapat dilakukan. Anda dapat mengajukan pinjaman langsung ke koperasi tempat anda bekerja sekarang ini.

Koperasi tersebut pada dasarnya adalah organisasi dalam bidang ekonomi demi kepentingan bersama. Agar dapat merasakan manfaatnya, anda harus mendaftar sebagai anggota koperasi tersebut terlebih dahulu.

Menariknya lagi, dalam koperasi simpan pinjam semua aktivitas biasanya berdasarkan azas kekeluargaan karenanya proses pengajuan pinjaman menjadi lebih mudah, terlebih apabila anda telah menjadi anggota dari koperasi tersebut.

  • Pre Order

Cara cari modal usaha selanjutnya bisa berasal dari konsumen. Beberapa jenis bisnis tertentu, anda bisa menerapkan pre order ketika pembeli ingin membeli barang tertentu yang ditawarkan.

Ketika memanfaatkan sistem yang satu ini, maka anda juga dapat menerapkan 2 metode berbeda, yakni pembayaran full di awal atau memakai uang muka dengan jumlah persentase yang sudah ditentukan. Agar anda memperoleh kepercayaan pembeli, tentu saja harus membangun brand image atau reputasi yang baik di awal terlebih dahulu.

  • Pinjaman Tanpa Agunan

Ketika mengajukan kredit pinjaman, pemberi pinjaman biasanya akan meminta jaminan sebagai barang yang akan dijaminkan untuk mendapatkan sejumlah dana dari kreditur. Akan tetapi, pada KTA (Kredit Tanpa Agunan), maka proses kredit biasanya dilakukan tanpa barang jaminan alias agunan.

Sekarang ini ada banyak pilihan lembaga finansial resmi yang mempunyai program KTA untuk digunakan. Namun ketika mengajukannya anda harus mengecek surat perjanjian terkait kredit tersebut. Contohnya, jumlah bunga pinjaman yang berlaku, periode pembayaran dan sistem bunga pinjaman yang diterapkan.

Ada banyak cara cari modal usaha yang bisa anda pilih, asalkan anda bisa mengembalikan pinjaman dengan tepat waktu jika ternyata pilihan satu-satunya untuk memperoleh modal usaha adalah dengan meminjam dana. Apalagi jika anda sama sekali tidak memiliki simpanan atau tabungan sama sekali untuk modal usaha.

Selain itu, sebagai solusi pinjaman dana tunai yang cepat kini tidak perlu pergi ke bank, karena anda juga bisa meminjam dengan sistem gadai kendaraan di autogadai.com. Dengan menggadaikan BPKB kendaraan, maka anda tidak perlu menjual aset berharga anda. Selain itu, kendaraan yang dijadikan sebagai jaminan juga tetap bisa digunakan.

Dengan cara cari modal usaha melalui sistem gadai BPKB mobil atau motor di autogadai.com, anda tidak perlu direpotkan oleh prosedur BI checking yang bisa saja membuat pengajuan pinjaman anda ditolak apabila memiliki cicilan atau angsuran lain. Persyaratan yang ditetapkan dan proses pengajuan gadai BPKB di autogadai.com juga sangat mudah dan praktis. Anda tidak perlu repot-repot mendatangi kantor gadai, karena proses pengajuan bisa dilakukan via online!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 AutoGadai.com