Keuntungan Tinggal di Apartemen yang Mungkin Tidak Anda Sadari

keuntungan tinggal di apartemen

Mungkin masih banyak orang berpikir bahwa tinggal di hunian vertikal bukanlah pilihan tepat, padahal banyak sekali keuntungan tinggal di apartemen atau rusun.

Disini kami akan menyajikan pembahasan yang obyektif sehingga mampu memberikan informasi cukup berguna bagi para pembaca.

Jadi kami tidak membangga-banggakan mana tempat tinggal terbaik dan terburuk karena semuanya pasti ada plus minus.

Kita semua tahu bahwa harga properti saat ini sudah sangat tinggi dan memberatkan masyarakat untuk memilikinya.

Hal ini dibuktikan dengan beberapa survey yang mengatakan bahwa milenial sulit untuk mempunyai hunian sendiri.

Apakah ada solusi jitu untuk bisa segera mewujudkan impian memiliki rumah sendiri?

Tentu setiap kendala pasti ada jalan keluarnya, tergantung bagaimana Anda menyikapi segala persoalan.

Baiklah, mari kita masuk ke dalam masalah pokok dari pembahasan utama artikel ini.

Tempat tinggal merupakan kebutuhan tertinggi dan wajib dipenuhi apapun kondisi ekonomi yang tengah Anda hadapi sekarang.

Apalagi jika Anda sudah berkeluarga, pilihan hunian harus menjadi prioritas utama dibandingkan mementingkan kebutuhan lainnya.

Keterbatasan daya beli properti oleh sebagian besar masyarakat kita dapat dicarikan solusinya seperti memilih beberapa layanan kredit finansial seperti KPR, KPA atau mungkin bisa tinggal kontrak terlebih dahulu sampai uang Anda cukup untuk membeli rumah.

Mohon dapat diperhatikan. Usahakan sebisa mungkin untuk memilih secara hati-hati dan cermat, Anda dapat membaca artikel mengenai Tips Membeli Rumah ini sebagai pedoman awal yang cukup berguna.

Keuntungan Tinggal di Apartemen (Tapi Jangan Dijadikan Fokus Utama)

keuntungan dan kerugian tinggal di rumah

Mengapa judul diatas kami barusan ada keterangan tambahan tersebut?

Karena menurut kami, tinggal di rumah landed atau yang diatas tanah jauh lebih baik. Jadi jadikan apartemen atau rusun sebagai solusi awal jangka pendek saja, bisa juga sebagai instrumen investasi.

Oleh sebab itu, jangan beli apartemen dengan harga mahal kecuali Anda super kaya, lebih baik tabung dana Anda untuk membeli rumah landed saja.

Perkiraan budget yang musti disediakan untuk beli apartemen di kota besar (misalnya Jakarta), sebaiknya cari yang harganya dibawah 500 juta.

Banyak unit tersedia dengan harga dibawah itu dan sudah 2 bedroom (BR) pula. Rata-rata bahkan berukuran diatas 30 m2, cocok bagi keluarga kecil (maksimal punya 2 anak) atau pasangan muda yang baru menikah.

Kalau uang Anda diatas 500 juta, kami sarankan pilih rumah landed saja, apabila masih kurang, manfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah atau KPR.

Baiklah mari kita lanjutkan lagi ya.

Perlu diketahui bahwa walaupun tidak menjadi solusi jangka penjang untuk tempat tinggal Anda, banyak sekali kelebihan yang akan diperoleh apabila tinggal di apartemen.

Bahkan itu sulit Anda dapatkan jika tinggal di rumah landed.

Lalu apa saja?

Mari kita bahas satu-persatu?

Keamanan Merupakan Suatu Hal yang Mutlak

gaya hidup tinggal di apartemen

Tingkat keamanan sebuah apartemen tak perlu diragukan lagi sebab tidak semua orang bisa masuk jika bukan penghuninya langsung.

Penghuni biasanya akan diberikan kartu akses khusus oleh pihak pengelola sehingga sanak keluarganya pun tidak dapat masuk sembaragan jika tanpa pemilik akses tersebut.

Security akan selalu berjaga selama 24 jam penuh setiap hari dan jika ada pihak yang mengganggu kenyamanan, maka akan bisa langsung ditindak dengan cepat.

Jadi apabila Anda adalah tipe orang yang ingin memperoleh ketenangan dan keamanan ekstra dalam bertempat tinggal, apartemen merupakan pilihan tepat.

Tak Perlu Memusingkan Mengenai Perawatan Berkala

Salah satu kelebihan dan keuntungan tinggal di apartemen ialah para penghuninya tidak perlu direpotkan dengan berbagai perawatan apabila ada bagian yang bermasalah.

Cukup hubungi pihak pengelola, maka dalam beberapa menit tim perbaikan akan segera datang untuk menyelesaikan kendala tersebut.

Tim maintenance pun biasanya akan selalu melakukan pengecekan rutin di setiap bagian krusial supaya kenyamanan penghuninya tidak terganggu.

Sertifikat nya Bisa Digadaikan

Mungkin banyak orang masih beranggapan bahwa hanya sertifikat rumah saja yang dapat digadaikan ke tempat kami AutoGadai.com, padahal untuk apartemen juga bisa.

Tentu prosedurnya tetap mudah, namun hanya beberapa wilayah saja yang di cover yaitu Jakarta, Depok, Tangkot, Tangsel, Bekasi dan sebagian Bogor.

Segera ajukan kesini dan seluruh kendala keuangan Anda akan langsung teratasi tanpa ribet. Ada syarat utama yaitu sertifikat harus sudah berbentuk hak milik atau bukan AJB.

Musti atas nama sendiri atau orang tua yang masih hidup, serta diusahakan yang statusnya on hand atau tersedia.

Jaminkan sertifikat apartemen hanya di AutoGadai.com mudah, bunga ringan dan terpercaya serta tanpa BI Checking.

Biaya Lebih Murah

apartemen itu sewa atau beli

Anda tak perlu dipusingkan dengan biaya-biaya seperti listrik, air, parkir dan lainnya karena biasanya lebih sedikit penggunaannya.

Bandingkan apabila Anda tinggal di rumah milik sendiri apalagi ngontrak, pasti biaya yang dikeluarkan jauh lebih tinggi lagi.

Ini merupakan tips penting bagi Anda jika ingin tinggal atau beli apartemen, perhatikanlah biaya IPL nya.

Untuk apartemen kelas standar, biasanya tidak lebih dari 400 ribu perbulan dan bagi pemiliknya, itu musti Anda bayarkan setiap bulannya.

Lalu bagaimana jika pemilik tak menempatinya, apakah juga harus dibayarkan?

Tentu saja, oleh karena itu, kembali ke saran kami diatas, ada baiknya jika budget Anda ada di atas 500 juta, lebih baik ambil rumah landed saja.

Terkadang biaya IPL tersebut bisa menjadi beban tersendiri jika unit yang Anda beli tidak laku untuk disewakan.

Ini merupakan perhitungan kasar kami jika Anda tinggal di apartemen kelas menengah atau tidak terlalu mewah di jakarta.

rumah vs apartemen

  • Biaya IPL sekitar 400 ribuan.
  • Biaya listrik minimal 1300 watt sekitar 600 ribuan perbulan (AC, kulkas, mesin cuci, TV, dll nya aktif).
  • Biaya parkir motor sekitar 50 ribu dan mobil 100 ribu perbulan.
  • Biaya air (tergantung penggunaan), kebersihan dan lainnya sekitar 200 ribuan perbulan.

Jadi perhitungan kasar diatas adalah sekitar 1.5 jutaan perbulan untuk membayar biaya-biaya tersebut.

Bagi penyewa, berarti harus mengeluarkan sekitar 2 sampai 4 jutaan perbulan apabila ngontrak di apartemen.

Perhitungan diatas hanya merupakan gambaran saja dan tidak bisa dijadikan acuan karena pasti ada negosiasi antara calon penyewa dengan pihak pemilik.

Pada umumnya untuk biaya IPL sudah termasuk dalam total biaya sewa bulanan.

Sebenarnya hitungan diatas tidaklah berbeda jauh apabila Anda memilih tinggal di kontrakan landed lokasi kota besar yang rata-rata biaya sewanya sekitar 1 jutaan perbulan (paling murah).

Itupun pasti hanya berbentuk rumah petakan saja dengan ukuran bangunan tidak lebih dari 40 m2 dan lokasinya biasanya tidak bisa masuk mobil.

Jika pilih ngontrak di rumah landed (bukan petakan), biasanya biaya sewa sekitar diatas 35 juta pertahunnya, itu sama saja dengan 3 jutaan perbulan, belum termasuk biaya listrik dll.

Jadi silakan Anda pertimbangkan segala hal sebelum memutuskan memilih tempat tinggal idaman bagi keluarga tercinta.

Kelebihan Pilih Hunian Vertikal Dibandingkan Rumah Landed

sistem kepemilikan apartemen

Kelebihan lainnya yang akan kami jelaskan secara singkat ini mungkin bisa mengubah pandangan Anda mengenai tinggal di rumah susun vertikal tersebut.

  • Lokasi pasti strategis.
  • Memiliki view pemandangan indah.
  • Harga jual terus meningkat.
  • Mudah dibersihkan.
  • Ringkas, simple dan tak perlu pengaturan tata ruangan yang rumit.
  • Dan masih banyak lagi.

Demikian informasi mengenai keuntungan tinggal di apartemen ini kami sajikan. Semoga dapat menjadi referensi terbaik bagi Anda yang masih galau mencari tempat tinggal idaman namun budgetnya sesuai kantong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *