Tips Membeli Rumah yang Wajib Anda Jalankan

tips membeli rumah

Tips membeli rumah kali ini agak sedikit unik karena nanti ada hubungannya dengan gadai sertifikat rumah jika suatu saat Anda sedang terdesak butuh pinjaman uang.

Terkadang hal yang tidak disadari justru dapat menolong Anda di masa yang akan datang. Ingat, kita tidak bisa memprediksi masa depan, namun tidak ada salahnya sudah melakukan antisipasi sejak dini.

Apalagi hal yang berhubungan dengan rencana keuangan. Mungkin saat ini kondisi finansial Anda sedang dalam performa ya cukup baik sehingga tidak terbersit sedikitpun di pikiran mengenai “bencana” apa yang akan menimpa suatu hari nanti.

Dalam pembahasan kali ini kami akan memberikan Anda beberapa saran terkait pembelian rumah baru maupun seken dari sudut pandang kredit multiguna.

Mungkin Anda sudah bosan membaca atau mendengar tips mainstream yang isinya hanya itu-itu saja tanpa adanya terobosan baru.

kpr atau cash

Di situs AutoGadai.com ini juga sudah kami posting mengenai informasi berharga ketika ingin beli mobil atau motor, silakan dibaca.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan utama, perkenankan kami untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu.

Kami merupakan website layanan dana tunai dengan fasilitas pinjaman jaminan sertifikat rumah bunga rendah, agunan BPKB Mobil dan Motor.

AG sekarang sudah bekerjasama dengan lebih dari 10 perusahaan leasing dan BPR ternama untuk melayani pengajuan konsumen.

Tentu saja layanan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias sepenuhnya gratis. Telah banyak orang yang kami bantu, kini saatnya Anda.

Baiklah, mari kita lanjutkan topik utama dari artikel ini.

Silakan Pelajari Tips Membeli Rumah Berikut Ini

tips membeli rumah untuk pasangan muda

Info ini berlaku untuk pembelian unit baru maupun bekas / seken dan dapat diterapkan oleh siapapun. Jadi Anda bisa membagikan informasi penting ini.

Belilah yang Surat Rumahnya Sudah Berstatus SHM atau HGB

Sebisa mungkin usahakan ketika Anda tertarik membeli unit tertentu, pastikan suratnya sudah berbentuk sertifikat hak milik atau hak guna bangunan.

AJB saja tidak cukup apabila nanti Anda berniat untuk mengambil pinjaman uang di leasing atau multifinance.

Jika beli rumah bekas, pasti belum atas nama sendiri, apakah itu juga bisa diajukan?

Tentu saja, apabila Anda bersedia balik nama dan untuk biayanya dipotong dari pencairan jika pengajuan disetujui atai approved.

IMB Tidak Perlu Ada Jika Memang Tidak Tersedia

Mengajukan di bank mewajibkan adanya Izin Mendirikan Bangunan, begitu juga di leasing. Tetapi bila pengajuan di BPR, rata-rata tidak memerlukannya.

Lalu mana yang lebih baik?

Tentu keduanya sama-sama baik, namun ada beberapa kriteria serta ketentuan khusus yang harus Anda lengkapi.

Silakan baca artikel: Mana yang Lebih Mudah, Agunan Sertifikat di BPR atau Leasing?

Disana akan diberikan wawasan baru bagi para pembaca khususnya orang yang masih awam di dunia perkreditan.

Jadi apakah perlu ada IMB?

Lebih baik carilah rumah yang ada IMB nya sebab itu merupakan hal penting bahwa hunian tersebut tidak masuk jalur hijau.

Tetapi kalau untuk pinjam dana tunai, tentu tidak perlu Ada kecuali kebutuhan pencairannya cukup tinggi atau di kisaran angka miliaran.

Pilih yang Depan Rumah Bisa Dilewati Mobil atau Kendaraan Roda Empat Lainnya

pilih unit yang dapat di gadaikan kredit multiguna

Mungkin jika Anda ingin beli rumah di kota besar khususnya Jakarta, akan sangat sulit sekali menemukan unit yang bisa dilewati mobil.

Sekalipun ada, pasti sangat sempit sekali, sehingga jika terjadi papasan kendaraan, akan membuat bingung para pengendara.

Tips membeli rumah selanjutnya ialah usahakan mencari yang lokasiya di komplek karena biasanya jalan depannya sangat luas, bahkan bisa lewat 2 mobil.

Tentu harga jual lebih tinggi, tapi karena yang ingin dibeli adalah aset berupa properti, maka tidak perlu ada pertimbangan terlalu ketat mengenai budget nya, carilah yang paling berkualitas.

Lalu bagaimana bagi yang sudah terlanjur membeli rumah dan depannya tidak bisa akses mobil atau posisinya berada di dalam gang?

Tidak masalah untuk pengajuan pinjam uang, namun nilai pencairannya kecil dan itupun wajib di survey terlebih dahulu.

Beberapa BPR mungkin memiliki kebijakan masing-masing untuk menentukan berapa meter letak posisi rumah yang di dalam gang dari jalan besar.

Hindari Dekat Sutet, Pemakaman, Sungai atau Tempat Pembuangan Sampah

Selain dapat mengganggu kenyamanan penghuninya, rumah yang dekat dengan lokasi-lokasi tersebut tentu nilai jualnya akan turun atau tidak terlalu tinggi.

Sedangkan jika dilihat dari sudut pinjaman dana, pengajuan di bank dan leasing sudah pasti akan di reject tanpa perlu dilakukan survey terlebih dahulu.

Tetapi di BPR kami masih dapat menerima pengajuan dari nasabah, namun jangan harap bisa mengajukan plafon tinggi.

Mungkin semuanya ada plus minus, apalagi bagi yang memiliki budget tidak terlalu tinggi. Tak ada salahnya tidak terlalu terburu-buru mengambil keputusan meski kesempatan ada di depan mata.

Berpikirlah jauh kedepan, apalagi jika Anda sudah memiliki anak yang tentu tidak ingin kenyamanan sang buah hati sampai terganggu.

Tips Membeli Rumah Lainnya: Hindari Lokasi Rawan Banjir dan Kebakaran

tips membeli rumah bekas agar tidak tertipu

Survey lah terlebih dahulu tempatnya mulai dari mencari info spesifikasi di internet hingga bertanya langsung ke warga sekitar.

Ada istilah yang mengatakan. Lebih baik tinggal di kontrakan tapi terhindar dari dua kondisi diatas daripada tinggal di rumah sendiri tapi selalu mengalami hal tersebut.

Dalam menjalani hidup, yang kita cari tentu adalah berusaha terhindar dari rasa takut serta mengejar rasa nyaman dan aman.

Banyak yang mencoba melawan istilah umum tersebut namun pada akhirnya hanya penyesalan yang dirasakan.

Begitupun di perusahaan finance, mereka juga memiliki daftar-daftar wilayah yang masuk ke dalam blacklist internal.

Akan sangat menyulitkan bukan apabila aset berharga Anda tersebut di kemudian hari tidak mampu menolong di saat butuh pinjaman uang.

Pilihlah Tempat yang Strategis dan Mudah Dijangkau oleh Fasilitas Umum

Rumah sakit, sekolah, tol, mall, pusat bisnis, pasar, akses transportasi publik dan lain-lain tentu merupakan hal yang tidak boleh dikesampingkan ketika ingin membeli rumah.

Dalam mengambil keputusan, kritislah pada keadaan lingkungan di sekitaran calon hunian Anda. Mungkin yang paling sulit untuk dinilai adalah sifat dari calon tetangga.

Demi mendapatkan rumah impian, tidak ada salahnya coba mencari terus-menerus bahkan kalau perlu mintalah pendapat pihak ketiga seperti teman, saudara atau orang tua.

Sekarang banyak sekali pengembang yang membuat hunian beserta fasilitas-fasilitas tersebut, tetapi tentu harganya juga sangat tinggi.

Kuncinya adalah sabar dalam mencari dan terus manfaatkan fasilitas gratis dari marketplace jual beli rumah di internet.

Jika Anda pinjam uang pun, akan sangat mudah sekali diproses awal apabila lokasi unit yang digadai sangat strategis.

Usahakan Pilih yang Unitnya Sudah Ready

hunian subsidi di jakarta

Saat ini para developer berlomba-lomba untuk menawarkan project property yang masih berupa konsep saja.

Seteleh terkumpul calon buyer, barulah mereka berani membangun. Jika Anda pilih developer atau pengembang yang sudah punya nama atau reputasinya baik, itu tidak menjadi masalah.

Namun bagaimana jika penawaran itu datang dari perusahaan yang bahkan kita tidak pernah mendengar namanya.

Tentu kita harus lebih berhati-hati dan tidak mudah termakan oleh bujuk rayu dari mereka.

Demikian tips membeli rumah ini kami sampaikan pada Anda. Disini mungkin kami tidak terlalu menjelaskan secara detail mengenai mekanisme peminjaman uang dengan gadai sertifikat.

Informasinya dapat Anda peroleh di halaman atau postingan lain di situs ini.

Tidak ingin repot. Hubungi saja tim CS kami di nomor-nomor yang tercantum di situs AG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *